Cari Uang - Kisah Sukses WiraUsaha

Toko OnLine Sukses Bermodal 4 juta -ARLA GIFT SHOP

Berikut adalah contoh kisah sukses membuka toko online dengan modal 4 juta.

Bila dulunya masyarakat memanfaatkan internet untuk browsing berita terbaru ataupun menjalin pertemanan seluas-luasnya, maka belakangan ini kebutuhan masyarakat mulai bergeser dan mulai memanfaatkan media online sebagai lapak dagang yang cukup menguntungkan. Kondisi inilah yang akhirnya dimanfaatkan dengan baik oleh Saida Hamurwani atau yang akrab dipanggil Ammur, untuk merintis bisnis souvenir cantik di media online.

Mengawali bisnisnya pada 7 Maret 2009, lulusan Sastra Inggris di Universitas Negeri ini terinspirasi membuka toko online setelah mengunjungi pasar pagi Asemka bersama rekan kerjanya untuk berbelanja barang-barang souvenir. Melihat barang-barang di pasar tersebut yang dijual dengan harga sangat murah, naluri bisnis Ammur pun mulai muncul dan tertarik memasarkan beragam souvenir cantik secara online.

giftshopBerbekal satu unit komputer yang terhubung dengan internet, Ammur yang saat itu masih aktif bekerja sebagai salah seorang senior HR Officer di sebuah perusahaan manufaktur PMA ini, memutuskan merintis bisnis online sebagai peluang usaha sampingan di sela-sela jam kerjanya. Ia sengaja memilih bisnis online karena waktunya yang fleksibel dan tidak membutuhkan modal usaha terlalu besar. Sebab, hampir 85% barang-barang souvenir yang dipasarkan Ammur baru akan dipesan ke pengrajin setelah mendapatkan orderan dari para konsumennya.

Terbukti, strategi bisnis ini cukup memudahkan Ammur untuk menjalankan kedua profesi tersebut dengan baik. Pagi sampai sore Ia fokus bekerja di kantor, sedangkan malam harinya Ia gunakan untuk mem-follow up para konsumen di toko onlinenya.

Mengangkat Arla Gift Shop sebagai brand bisnis toko online yang Ia bangun, Ammur mencoba menawarkan beragam produk kerajinan tangan dan souvenir cantik yang Ia peroleh langsung dari para pengrajin di berbagai pelosok daerah. Merangkul para pengrajin di Jakarta, Surabaya, Pekalongan, Yogyakarta, Malang, dan Jepara, Arla Gift Shop berusaha melengkapi produknya dari mulai souvenir berbahan kulit, logam, kayu, kain, wol, hingga kerajinan rotan yang ditawarkan dengan harga jual yang beragam.

Dengan modal sebesar Rp 4 juta yang Ia keluarkan setiap bulannya, setidaknya Arla Gift Shop bisa mengantongi keuntungan bersih sekitar 15 % dari omset yang diterimanya. Semoga kesuksesan Ammur dalam mengelola toko onlinenya, bisa menginspirasi para pemula di Indonesia untuk berani berkarya dan mengoptimalkan pemasaran bisnisnya melalui media online. Maju terus UKM Online dan salam sukses.