Penampilan Tubuh

Rumus MENGHITUNG BERAT BADAN Ideal & Mengukur Lingkar Pinggang

Rumus MENGHITUNG BERAT BADAN Ideal & Mengukur Lingkar Pinggang 2berikut cara praktis dan mudah Rumus MENGHITUNG BERAT BADAN Ideal & Mengukur Lingkar Pinggang, Berapakah berat badan yang ideal? tentu tidak semua orang sama, karena tubuh tiap orang berbeda. Berat ideal seorang wanita yang tingginya 160 cm, tentu berbeda dengan yang tingginya 150 cm.

Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Mengukur Lingkar Pinggang yang ideal bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti berikut.

1. Rumus Menghitung Berat Badan ideal berdasar Body Mass Index (BMI) atau sering disebut Indeks Massa Tubuh (IMT).

Cara menghitung berat badan ideal wanita adalah dengan menghitung perumusan berikut:

Hasil BMI (IMT)    < 17.0 –> Sangat Kurus

Hasil BMI (IMT)   17.0 – 18.5  –> Kurus

Hasil BMI (IMT) 18.5 – 25.0  –> Normal (Ideal)

Hasil BMI (IMT)   25.0 – 27.0  –> Gemuk

Hasil BMI (IMT)   > 27.0  –> Sangat Gemuk

Contoh: Ganita memiliki tinggi 150 cm dengan berat badan 75 kg. Maka BMI Ganita = 33,33. Apakah Ganita sudah berada dalam ukuran berat badan ideal wanita? Lihat dalam tabel menghitung klasifikasi nilai BMI diatas (Sumber: Departemen Kesehatan RI)

2.rumus cara mengukur Lingkar Pinggang.

Cara yang lain menentukan seseorang mengalami obesitas(kegemukan) atau tidak dengan mengukur lingkar pinggang. menghitung Lingkar pinggang ini jadi tolak ukur karena seseorang yang mengalami kegemukan pasti diikuti penimbunan lemak di sekitar pinggang.

Dalam batas normal, menghitung ukuran lingkar adalah sebagai berikut: Wanita : < 80 cm

Pria : < 90 cm

dengan mengetahui cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Mengukur Lingkar Pinggang, kita bisa mengevaluasi diri kita