wirausaha

Cara MENCARI PROSPEK untuk Bisnis Usaha MLM di Indonesia

Tips Cara Terbaru Mencari Prospek untuk Bisnis Peluang Usaha MLM berikut bisa kita coba lakukan dalam memperbanyak downline dan jaringan.

Pada dasarnya orang di Indonesia mengikuti MLM dengan tujuan:

– Mendapatkan keuntungan (menjalankan bisnisnya dengan menjadi distributor)

– Mendapatkan produk berkualitas (rata-rata produk yang dijual secara MLM adalah produk-produk yang memang berkualitas) dengan harga murah (harga distributor selalu jauh lebih murah dibandingkan harga konsumen)

– Untuk pergaulan (ini mungkin untuk orang-orang yang tidak butuh duit, mereka bergabung cuma untuk sosialisasi, ramai-ramai, uang tidak penting buat mereka, mereka hanya senang berteman)

– Mengembangkan diri dan kepribadian (ini sich alasan yang agak jarang, cuma biasanya melalui pelatihan training dari sistem MLM, teman-teman akan merasakan pertumbuhan percaya diri dan perkembangan kepribadian.

Uuntuk sukses di bisnis usaha MLM, biasanya yang sangat berpengaruh adalah kekuatan jaringan, yaitu kualitas dan kuantitas downline kita. Prospek adalah calon yang berminat dengan bisnis mlm kita, yang kemudian bisa jadi member dan bagian jaringan kita. dengan meningkatkan jumlah prospek, tentu akan meningkatkan jumlah downline kita, yang akan meningkatkan jaringan kita.

 

Cara Mencari Prospek dengan OnLine:

lebih mudah dan praktis, bisa dikerjakan darimana saja.

1. Dengan Website

     makin banyak orang yang mengakses internet. dengan memiliki website, kita bisa panjang lebar membuat artikel penjelasan tentang kelebihan keunggulan bisnis usaha MLM kita, ketika ada teman yang tertarik , tinggal kita beri alamat web tersebut, yang sudah berisi penjelasan bisnis MLM kita.

selain itu,  sekarang makin banyak MLM yang menyediakan website replika, yakni tiap member/anggota sudah otomatis mendapat web yang berisi penjelasan bisnis usaha yang ditekuni

2. Facebook

    media sosial ini juga sering menjadi media dalam mendatangkan prospek, saat update status promo tentang bisnis usaha MLM kita, akan terlihat di wall facebook teman kita, yang tertarik tentu akan bertanya maupun kirim pesan di inbox

Cara mencari prospek dengan OffLine:

 walaupun agak ribet dan perlu kesabaran, banyak juga prospek calon dowline dan member, yang didapat dari cara ini:

1. Teman sehari hari/saudara

    tentu kita hafal dengan karakter teman dan saudara kita, boleh kita coba tawarkan sekilas tentang bisnis usaha MLM kita, dengan keunggulan yang ada, ceritakan kesuksesan yang bisa diperoleh.

2. Iklan di media

    koran dan majalah masih merupakan media yang banyak dibaca. memasang iklan di media tersebut juga memperbesar peluang mendapat prospek dan calon downline member.

3. Brosur/Flyer/Katalog

   dengan membuat brosur/flyer, yang berisi penjelasan bisnis usaha kita, juga satu cara melebarkan usaha MLM kita. brosur tersebut bisa kita sebar sendiri, atau kita manfaatkan jasa sebar brosur.

4. Stiker di kendaraan

    stiker juga bisa menjadi media promo yang efektif, bisa ditempel di kendaraan kita, jgn lupa lengkapi dengan cara mengontak kita.

5. Kartu nama

    tidak terlalu mahal, tapi juga berfungsi sebagai media promo, ada banyak orang yang bisa tidak sengaja kita temui sehari hari, saat menunggu antrian bank, saat arisan, saat belanja, dsb. siapa tahu jadi akrab, tidak ada salahnya kita beri kartu nama, yang juga mencantumkan sekilas bisnis kita.

Baik dengan Online maupun Offline, dengan mengenali apa yang menjadi minat seseorang yang sedang kita prospek untuk mengikuti MLM kita akan tahu bagaimana cara menarik merekrut mereka.

Contoh: saat kita bercerita tentang pengalaman kita atau produk, dll saat presentasi, perhatikan bahasa tubuh, mimik muka, dan pertanyaan-pertanyaan prospek.

Bila mereka banyak bertanya tentang penghitungan komisi, bisa jadi mereka tertarik untuk menjalankan bisnisnya.

Bilamana prospek kita sedang bermasalah jerawat, bisa jadi mereka akan lebih banyak bertanya tentang khasiat dan cara kerja obat jerawat kita. Untuk mereka yang ingin menjadi konsumen seperti ini, tidak perlu kita ngotot memaksa mereka menjadi anggota, arahkan saja dulu mereka untuk membeli dan mencoba produknya. Nanti kalau sudah terbukti khasiatnya, tawarkan untuk bergabung supaya dapat membeli dengan harga yang lebih murah.

Bila telah bergabung, carilah kesempatan untuk bersama-sama menjalankan bisnisnya, mengajak lebih banyak orang untuk bergabung. sehingga bisa maju bersama.

Jadi sebetulnya intinya adalah kenalilah apa yang menjadi kebutuhan (apa yang menarik) prospek saat dia mendengarkan presentasi kita, mulailah menekankan segalanya di sana, ulangi bagian-bagian yang menarik minat mereka, tapi jangan paksa mereka.

Ada kalanya prospek harus diberi waktu untuk berpikir. Menghadapi prospek yang perlu waktu begini, bersabarlah, biarkan mereka berpikir beberapa saat (maksudnya sampai beberapa hari bilamana perlu). Dan tinggalkan untuk mereka brosur-brosur serta kartu nama kita untuk bahan pertimbangan dan menghubungi kita saat mereka perlu bertanya sesuatu yang menimbulkan keraguan pada mereka.

Tapi jangan lupa menghubungi mereka kembali (melakukan follow up), ini sangat penting, jangan meninggalkan mereka terlalu lama, supaya mereka tidak melupakan kita.

demikian Tips cara Efektif Mencari Prospek untuk Bisnis Usaha MLM , yang telah terbukti bermanfaat dalam memperbanyak jaringan.

semoga bermanfaat…!

About the author

tipscara

Add Comment

Click here to post a comment