Resep Masakan Ikan

Resep Cara Memasak Ikan yang Benar Agar Enak

resepi Cara memasak ikan yang benar bisa menambah citarasa masakan jadi lebih enak. Tidak seperti daging, ikan lebih mudah matang saat dimasak. Ketika ikan dimasak terlalu lama akan kehilangan nutrisi pentingnya.

Panas kompor yang berlebihan dapat menghancurkan asam lemak omega-3 yang hadir dalam ikan. Juga mineral laut yang terkandung dalam ikan akan hilang karena digoreng. Bagian terburuk adalah bahwa protein dalam ikan bisa terdenaturasi karena panas yang berlebihan.

Jadi untuk menjaga ikan yang sehat, Anda perlu tahu cara dan resep yang tepat untuk memasaknya. Cara terbaik memasak ikan adalah dengan cara merebusnya. Namun banyak orang tidak tahan bau yang kuat dari ikan rebus polos. Jadi untuk pemakan rewel, ikan panggang adalah pilihan yang sehat. Ada juga pilihan lain seperti mengukus atau memanggang.

Yuk, kita perhatikan beberapa tips cara sehat dan betul memasak ikan seperti dilansir Boldsky (27/2) sebagai berikut;

1. Rebus Ikan Dengan Saus

Merebus ikan adalah cara paling sehat untuk memasak ikan. Tapi banyak orang tak tahan dengan bau amis ikan, karena itu Anda bisa menambahkan saus sebagai perasa. Hindari pendidihan yang berlebihan untuk mempertahankan proteinya.

2. Panggang Ikan

Panggang ikan adalah salah satu anugerah dari microwave. Sekarang hampir semua orang memiliki oven mikro-, Anda dapat membuat ikan panggang di rumah dengan mudah. Hanya memastikan bahwa Anda mengatur suhu dan waktu yang tepat untuk ikan kue.

3. Ikan Kukus Atau Pathuri

Mengukus ikan tidak sama dengan perebusan. Dalam masakan India, ada sebuah piring yang disebut ‘pathuri’. Fillet ikan dibungkus daun pisang dan dimasak di pressure cooker. Ikan dimasak dengan uap dikompresi rasa dari daun pisang. Tidak perlu lagi minyak atau rempah-rempah!

4. Ikan Kari

Jika Anda tidak tahan bau ikan rebus, Anda dapat mencoba memasak dalam kari dengan rempah-rempah. Batasi penggunaan minyak dan merebus ikan dalam kari pedas untuk mempertahankan nutrisinya.

5. Ikan Asap

Ikan yang biasanya digunakan dalam sup baik juga direbus atau diasapi. Ikan asap memiliki rasa terbakar yang indah dan tidak ada lemak sama sekali.

6. Ikan Panggang

Anda dapat memasak ikan di atas api terbuka atau dalam microwave. Dengan menggunakan teknik grill maka hanya bagian luar saja yang akan terbakar. Cara ini memiliki lemak yang sangat minim dan tepat untuk menurunkan berat badan.

7. Goreng Tanpa Minyak

Ikan memiliki banyak lemak dan minyak di bawah kulitnya. Jadi, Anda dapat menggoreng ikan tanpa menambahkan minyak ekstra ke dalam panci. Panaskan panci dan tempatkan sepotong ikan berlemak seperti salmon di dalamnya. Ikan akan matang dan cairannya menghasilkan minyak yang kaya kolesterol baik. Ini adalah cara makan ikan untuk jantung sehat.