Kesehatan

Makanan Ibu Hamil, yang Boleh dan Tidak Boleh

Ibu Hamil seringkali bertanya tanya, makanan apa saja yang dianjurkan ya, atau, apa saja yang harus dihindari ya, Kita memang harus lebih jeli dalam memilih makanan selama kehamilan. Terlalu banyak makan makanan pedas bisa berbahaya bagi kesehatan janin lho. berikut adalah makanan yang boleh dan tak boleh dimakan saat hamil, seperti dilansir Boldsky.

Yang boleh dimakan (dianjurkan) saat hamil

susu

Produk susu sangat kaya akan kalsium. Wanita hamil perlu makan yogurt untuk memperkuat tulang.

 

Daging

Daging adalah sumber protein berkualitas tinggi, carilah daging tanpa lemak atau lemak yang telah dipisahkan. Ketika membeli daging merah, sangat susah untuk mendaptkan daging yang bebas lemak. Jangan makan hot dog, meskipun, kecuali jika dagingnya dipanaskan dengan uap panas. Ada risiko kecil untuk dalam makanan seperti ini karena bisa menjadi perantara bakteri dan parasit dari daging seperti toxoplasma Listeria monocytogenes, atau salmonella pada bayi

Telur

seorang ahli gizi bernama Elizabeth Ward berkata bahwa telur adalah hal yang menakjubkan, dimana Anda mendapatkan banyak manfaat dalam satu telur dan itu hanya sekitar 90 kalori.

Selain lebih dari 12 vitamin dan mineral, telur mengandung banyak protein kualitas, yang penting untuk kehamilan. “Sel-sel bayi Anda tumbuh pada tingkat yang eksponensial, dan setiap sel terbuat dari protein,” jelas Ward. “Plus, sebagai wanita hamil, Anda memiliki kebutuhan protein sendiri.”

Telur juga kaya akan kolin, yang secara keseluruhan mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, sambil membantu mencegah cacat tabung saraf. Beberapa bahkan mengandung lemak omega-3, penting bagi otak dan pengembangan penglihatan.

Ikan salmon

Tidak hanya karena salmon dipenuhi dengan protein kualitas tinggi, tapi salmon juga merupakan sumber omega-3 lemak. Kandungan gizi pada salmon ini bagus untuk ibu hamil, selain juga ikan ini memiliki jumlah merkury yang lebih rendah. Bahaya ikan lainnya bagi ibu hamil adalah kandungan merkury yang tinggi, dimana bisa berbahaya dalam proses pengembangan system saraf bayi. Namun ingat, jangan makan salmon terlalu banyak, setidaknya dengan batas 12 ons per minggu untuk mengurangi bahaya merkuri itu.

 

Ubi jalar

satu pengetahuan baru tentang manfaat ubi jalar bagi wanita hamil, ubi jalar mempunyai warna oranye yang terdiri dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita.

Ubi juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan serat. Dan seperti kacang, ubi murah dan serbaguna.

 .Biji-bijian / kacang kacangan

Semua jenis biji-bijian sangat bergizi dan kaya akan serat. Mereka juga mudah dicerna dan rendah kalori.

 

Ada begitu banyak pilihan, manfaat kacang bagi wanita hamil sudah tidak diragukan. Dari semua jenis kacang, buncis mengandung yang terbaik untuk serat dan protein yang paling banyak dari semua jenis sayuran.
biji juga merupakan sumber yang baik dari besi, folat, kalsium, dan seng.

 

Buah dan  sayuran

.Apel, pisang, jeruk, pir adalah jenis buah-buahan yang sehat untuk Anda konsumsi. Namun, ada beberapa buah yang harus Anda hindari selama kehamilan, yakni pepaya dan nanas.

Jus buah dan sayuran adalah minuman sehat, yang baik dikonsumsi selama kehamilan. Anda bisa membuat melakukan mix n’ match dengan mencampur buah dan sayuran.

Selain segar, salad juga sangat bergizi dan sehat untuk tubuh. Mereka sarat dengan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, makanan ini juga membuat Anda kenyang dan rendah kalori.

 

Yang tak boleh dimakan (dihindari) saat hamil

1. Soda

Wanita hamil harus menghindari minum minuman yang berkarbonasi, seperti soda. Hal ini dapat memicu gas di perut dan sangat kaya akan kalori.

2. Daging olahan yang kurang matang

Daging olahan rentan mengandung bakteri dan tidak segar. Jika Anda suka makan steak setengah matang,  atau hot dog, ganti menu tersebut dengan sesuatu yang lebih segar seperti salad buah atau sayuran.

3. Mi instan

Mi instan mudah untuk dimasak dan tergolong makanan cepat saji. Tetapi sebaiknya ibu hamil menghindari makanan ini karena mengandung banyak garam dan kalori, serta sulit untuk dicerna.

4. Nanas

beberapa penelitian menyebutkan buah nanas dapat menyebabkan kontraksi dini pada rahim, sehingga membahayakn kandungan

Ngidam itu sah-sah saja, asal tidak merugikan kesehatan Anda dan janin dalam kandungan. Makan makanan yang terlalu pedas atau asam tentu tidak baik bagi kesehatan. Jadi, pastikan Anda memilih makanan sehat selama masa kehamilan.