Cari Uang - Tips Sukses WiraUsaha

Loyalitas Pelayanan untuk KEPUASAN PELANGGAN DAN KONSUMEN

Loyalitas Pelayanan untuk KEPUASAN PELANGGAN DAN KONSUMEN2Loyalitas Pelayanan untuk Memenuhi KEPUASAN PELANGGAN DAN KONSUMEN perlu dimaksimalkan. Memberikan kepuasan pada pelanggan , pembeli dan konsumen menjadi sebuah keharusan bagi para pebisnis. Ada beberapa cara memberi kepuasan terhadap pelanggan :

Dengarkan keluhan pelanggan. Dalam dunia bisnis keluhan adalah suatu hal yang biasa terjadi. Keluhan sudah pasti adalah sebuah respon negatif dari seseorang. Meski begitu, Anda harus tetap menanggapinya dengan kepala dingin. Perhatikanlah apa yang menjadi keluhan pelanggan dan berusahalah sebaik mungkin untuk menanggapinya. Setelah keluhan disampaikan, perlu penanganan yang cepat terkait apa yang dikeluhkan. Pelayanan yang lamban akan membuat pelanggan merasa tidak puas.

Menjaga sikap kepada para pelanggan. Sebagai pengelola bisnis yang baik, sudah seharusnya Anda mengetahui atau menjaga bagaimana kinerja bawahan ketika melayani konsumen dan pelanggan. Caranya yaitu dengan menanyakan langsung hal tersebut kepada pelanggan. Apakah orang yang Anda pekerjakan sudah cukup ramah, baik, atau sopan dan seterusnya.

Pecahkan masalah kecil pelanggan. Ketika menghadapi pelanggan dan pembeli kita harus berkepala dingin, bijaksana dan tentu saja sabar, terutama ketika berhadapan dengan pelanggan yang rewel. Berdasarkan penelitian, pelanggan terdiri dari 20% orang yang tidak mudah memaafkan dan 80% orang yang mudah memaafkan. Okeh karenaya, Anda perlu menggunakan pendekatan yang paling tepat untuk menghadapi kemarahan pelanggan sejak awal sebelum masalah menjadi lebih besar.

Ketidakpuasan pelanggan adalah guru terbaik. Tidak semua pelanggan akan mengeluhkan langsung ketidakpuasan terhadap produk Anda. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mencari tahu letak ketidakpuasannya. Salah satunya bisa dengan cara melakukan riset kepada pelanggan. Hasil riset tersebut bisa menjadi wacana untuk berdiskusi dan merancang upaya baru untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, setelah mengetahui hasil langkah penting yang harus dilakukan adalah dengan membenahi persoalan pelanggan satu persatu.

Mengetahui kapan waktunya mengatakan tidak pada pelanggan. Tidak semua pelanggan adalah orang jujur, adakalanya Anda menemui pelanggan yang tamak atau rakus. Salah apabila Anda memenuhi ketamakan mereka. Di sini kebijakan Anda sangat berperan penting. Oleh karena itu, bila menemukan perbedaan antara kebutuhan dan ketamakan pelanggan, maka Anda harus mengambil keputusan yang terbaik. Hindarilah penundaan keputusan atau tidak memberikan keputusan sama sekali.

Komunikasi baik dengan pelanggan. Komunikasi pelanggan merupakan sebuah langkah yang penting dalam berbisnis. Baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Dengan demikian, akan tercipta hubungan yang baik antara pedagang dan konsumen. salah satunya bisa juga dilakukan dengan bertatap langsung kepada pelanggan. Bahkan, bagi seorang sales, mendatangi pelanggan adalah suatu kewajiban

demikian tips Loyalitas Pelayanan untuk Memenuhi KEPUASAN PELANGGAN DAN KONSUMEN, semoga bermanfaat..