Cari Uang - Kisah Sukses WiraUsaha

Pintar JUAL TAS WANITA Murah Model Terbaru Bermacam

Makin banyak yang jual tas wanita Bagus murah model terbaru, Merk branded maupun biasa, grosir maupun eceran, cash maupun online. salah satunya adalah merk Gembool. merk yang dirintis mahasisiwi yang tekun wirausaha.

Pintar JUAL TAS WANITA Murah Model Terbaru Bermacam – awal wirausaha

Ketika masih berkuliah di Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Pertanian Bogor, Vidia melihat peluang yang besar untuk berbisnis. Vidia melihat adanya kebutuhan teman-teman untuk tampil modis dengan modal bersahabat. Alhasil, tahun 2009 Vidia memberanikan diri berdagang tas-tas murah yang Vidia ambil dari Bandung. Tak disangka, ternyata laku keras! Vidia pun mulai coba-coba ikut pameran untuk meraup pasar yang lebih luas.

Pintar JUAL TAS WANITA Murah Model Terbaru Bermacam – membuat merk

Karena terbatasnya desain tas yang Vidia beli jadi, setahun kemudian Vidia pun mulai membuat tas sendiri dengan label Tas Lutjuw. Vidia memodifikasi desain yang sudah ada dari majalah dan internet, lalu Vidia minta dibuatkan oleh perajin tas di Bogor. Vidiangnya, sistem jasa pembuatan barang ke pihak lain yang disebut makloon ini lemah dalam hal quality control pengerjaan. Vidia juga tidak bisa menetapkan material atau aksesori yang digunakan. Produk Vidia pun tak maksimal karena Vidia dipaksa membeli material berkualitas rendah yang telah mereka sediakan dengan finishing seadanya.

Tidak puas dengan hasilnya, akhirnya tahun lalu Vidia nekat membuat workshop sendiri dan mulai meluncurkan produk dengan label Gembool. Vidia pun mempekerjakan 50 wanita perajin di kampung Cihampea, Bogor, untuk membuat tas-tas yang kemudian Vidia beri label Gembool (baca: gembul). Ide nama ini datang dari konsep tasnya yang fun, warna-warni, dan terasa dekat dengan remaja. Kata gembul juga identik dengan banyak uang dan makmur. Harapannya, sih, rezeki bisa lancar.

Pintar JUAL TAS WANITA Murah Model Terbaru Bermacam – Pasar

Vidia sengaja membidik pasar remaja wanita karena lebih menguntungkan. Namanya juga anak ABG, biasanya centil, konsumtif, dan sering gonta-ganti tas yang dipadu-padankan dengan busananya.

 

Dalam riset pasar yang Vidia lakukan, remaja mencari produk yang trendi, tapi harganya murah, sesuai dengan daya beli mereka. Jadi, pemilihan bahan pun Vidia sesuaikan untuk menekan biaya produksi dan harga jual. Meskipun menggunakan material yang biasa,  Vidia meningkatkan kualitas produk lewat finishing yang rapi. Ini yang menjadi kekuatan Gembool. Produk Gembool yang handmade terjaga betul kerapian jahitan dan lemnya. Kami juga memberikan layanan garansi hingga setahun untuk reparasi gratis bila terjadi kerusakan.

Agar bisa kompetitif di pasar, Vidia berusaha terus update perkembangan tren. Misalnya saja, tren yang berkembang saat ini adalah model-model tas ala Korea, maka produksi tas Vidia banyak memodifikasi model-model ala Korea yang banyak bermain di warna-warna pastel, tabrak warna, dan animal printing.

Pasar remaja itu sensitif terhadap desain yang up to date, bervariasi, dan harga ketimbang kualitas material. Karena itu, Vidia harus bisa menyediakan barang-barang trendi yang murah meriah. Karena remaja suka warna-warna ngejreng, Vidia pun menyediakan banyak pilihan warna. Untuk  tiap desain tas tersedia 8-10 pilihan warna, sedangkan untuk dompet maksimal diproduksi 15 warna yang berbeda. Tiap dua bulan sekali Vidia mengeluarkan 2-3 model baru

Pintar JUAL TAS WANITA Murah Model Terbaru Bermacam – Memaksimalkan Jaringan Reseller

Dalam seminggu, Vidia bisa memproduksi 10 lusin tas dan 25 lusin dompet (termasuk sarung ponsel dan organizer). Harga dompet antara Rp45.000-Rp115.000, sedangkan tas Rp125.000-Rp179.000.

Untuk pemasaran, Vidia bekerja sama dengan banyak toko online besar, seperti lazada, zalora, blibli. Selain itu, Vidia memiliki sekitar 50 reseller yang tersebar di Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga ke negeri jiran.

Kebanyakan resellers ini menjual kembali produk Vidia lewat media sosial dan toko online mereka dengan sistem drop shipping. Tidak ada syarat minimum order bagi reseller untuk mendapat potongan harga sebesar 15% per unit. Ada juga reseller yang rutin membeli minimum Rp5 juta sekali order. Biasanya, mereka akan menjual produk Vidia di toko offline mereka. Untuk membantu penjualan para reseller, Vidia menyediakan katalog produk. Dengan perpanjangan tangan seperti ini, Vidia berhasil meraup omzet rata-rata Rp200 juta – Rp250 juta per bulan.

Setelah berhasil dengan lini remaja, Vidia mulai terpikir mengembangkan Vidiap dengan menyasar wanita dewasa di bawah label Bagtitude,  sejak November lalu. Pilihan warnanya lebih konservatif, yaitu cokelat, hitam atau ivory dengan penggunaan material yang lebih baik. Harga jualnya pun lebih tinggi, yaitu minimal Rp350.000.