Cari Uang - Kisah Sukses WiraUsaha

Contoh Sukses Bisnis Usaha Modal Kecil Rp 30ribu – Makalate

contoh sukses bisnis cokelatContoh Sukses Bisnis Usaha Modal Kecil Rp 30ribu ini Laba yang didapat cukup besar, keuntungan tiap bulan juga berkali lipat dari modal yang dikeluarkan.

Contoh Sukses Bisnis Usaha Modal Kecil Rp 30ribu – Awal Usaha

Hariati, owner dari produk ini menuturkan bahwa ia memulai usahanya dari modal Rp30 ribu. Dana itu ia gunakan untuk membuat produk cokelat stick, dari bahan dasar 1 kg cokelat yang dicampur dengan susu.

Olahan cokelat khas Makassar dapat dijumpai di Jalan Sungai Saddang Baru Lr Berkah, Makassar. Nama mereknya Makalate. Merupakan anonim dari Makassar Chocolate. Ini produk lokal dengan bahan dasar kakao langsung dari Tanah Luwu.

“Kami mulai usaha ini 2008 lalu. Saat itu kita berpikir usaha pembuatan cokelat stick adalah bisnis yang paling potensial,” ungkapnya seperti dilansir Harian Fajar.

Dasar pertimbangannya kata Ati, demikian ia disapa adalah bahan dasar cokelat atau kakao sangat mudah ditemukan di Makassar. Cokelat juga merupakan komoditi andalan di Sulsel, hingga bahan baku menurut dia tidak susah dan juga tidak mahal.

“Lalu kami juga pikir cokelat adalah produk yang disukai semua kalangan. Akhirnya saya banyak membaca dan nonton program kuliner di televisi,” paparnya.

Berdua dengan sang adik, Ati mulai membuat cokelat stick yang kemudian di pasarkan ke sekolah di sekitar rumahnya. Per hari, dari 1 kg cokelat ia mampu memproduksi 65 cokelat stick dengan harga Rp800 per batang.

Contoh Sukses Bisnis Usaha Modal Kecil Rp 30ribu – harga dan omset

“Omzet per hari sekitar Rp52.000 saat itu. Dari hasil penjualan, kami mulai menambah produksi. Dari sekolah lalu ke beberapa warung atau toko kelontongan. Sampai usaha ini berkembang dengan total produksi 40-50 kg cokelat per hari, dan omzet Rp500 ribu,” ungkap Ati.

Contoh Sukses Bisnis Usaha Modal Kecil Rp 30ribu – variasi produk

Sejalan dengan ini, sisi permodalan mulai mendapat dukungan. Usaha Makalet mulai dilirik perbankan. BRI memberi bantuan melalui KUR. Kini Makalate tidak lagi memproduksi cokelat stick saja, tapi juga candy, lolipop, dan cokelat isian. Setiap tahun, usaha ini mewakili Sulsel di Pekan Raya Jakarta (PRJ) sebagai UMKM andalan.

“Dari sini kami mau memberi motivasi bahwa tidak susah untuk memulai usaha. Tidak harus butuh modal besar. Hal utama yang harus ada adalah kemauan, lalu tekun dan tidak mudah putus asa,” lugas Ati.