Cari Uang - Kisah Sukses WiraUsaha

CONTOH SUKSES Peluang WIRAUSAHA RUMAHAN Untung Besar – Bisnis FITME

Kisah sukses peluang wirausaha rumahan ini diawali dengan keinginan Fithri mencoba membuat sendiri olahan selai kacang dan buah, Berawal dari anak batitanya yang kerap alergi setelah makan roti dengan olesan selai kacang. Ternyata, anaknya tak pernah menunjukkan reaksi alergi ketika mengonsumsi selai organik buatannya. Jiwa bisnis wanita yang sudah senang menggeluti wirausaha   MLM (multi level marketing) sejak duduk di bangku kuliah ini pun tergelitik. Ia melihat masih jarang produk bisnis wirausaha rumahan selai homemade dari bahan organik yang tersedia di pasar. Padahal, kebutuhan untuk produk bisnis wirausaha rumahan tersebut ada.

Akhirnya, pada November 2013, dibantu seorang asisten, ia pun memproduksi bisnis wirausaha rumahan  selai homemade organik dengan varian almond, hazelnut, cashew, dan apple sauce yang semua resepnya diperoleh dari ibu mertuanya. “Untuk modal awal bisnis wirausaha rumahan  saya habiskan kurang dari Rp5 juta. Terbesar untuk pembelian bahan baku bisnis wirausaha rumahan  yang kebanyakan masih impor,” katanya.

Sebelum melempar produk peluang bisnis wirausaha rumahan yang diberi label Fitme Foods ke pasar, Fithri melakukan riset pasar peluang bisnis wirausaha rumahan dengan cara menanyakan tetangga, keluarga, teman, dan kenalan, mengenai jenis selai dan rasa yang mereka inginkan atau sukai. Ia juga memikirkan secara serius mengenai logo peluang bisnis wirausaha rumahan dan packaging produk  peluang bisnis wirausaha  rumahan karena ingin memiliki positioning peluang bisnis wirausaha rumahan yang kuat.

Karena masih tahap coba-coba, Fithri hanya berani berjualan peluang bisnis wirausaha rumahan lewat Instagram dengan link ke Facebook pribadinya. Bahkan, website peluang bisnis wirausaha rumahan pun belum berani ia buat. Tak disangka, ternyata peminatproduk peluang bisnis wirausaha rumahan cukup banyak. “Sampai akhir Desember, sedikitnya peluang bisnis wirausaha rumahan saya sudah menjual 200 stoples selai dengan rasa almond sebagai produk terfavorit,” ujarnya, senang. Follower Instagram peluang bisnis wirausaha rumahan -nya pun sudah mencapai 1.500 dalam kurun waktu 2 bulan saja. Pasar terbesar peluang bisnis wirausaha rumahan nya adalah wanita, terutama ibu-ibu muda yang peduli asupan bebas pengawet, emulsi rasa, dan pewarna buatan bagi dirinya dan anak-anaknya. Satu stoples kaca berukuran 180 gram bisa ia jual seharga Rp35.000 – Rp60.000.

“Harga produk peluang bisnis wirausaha rumahan nya memang premium karena bahan baku peluang bisnis wirausaha rumahan , seperti canola oil, hazelnut, dan almond, harus diimpor langsung dari Amerika,” jelas Fithri. Rata-rata produk peluang bisnis wirausaha rumahan nya bisa bertahan 2 minggu hingga satu bulan lamanya dalam suhu ruang dan 2-3 bulan jika disimpan di lemari pendingin.

Seharga itu pun produk peluang bisnis wirausaha rumahan nya laris manis dicari pelanggan dari berbagai kota. Bahkan, sudah ada minimarket yang tertarik untuk bekerja sama dgn peluang bisnis wirausaha rumahan nya, begitu juga dengan beberapa perusahaan di bidang kesehatan yang ingin menjadikan peluang bisnis wirausaha  rumahan nya supplier . “Sekarang saya tengah menunggu izin dari Dinas Kesehatan agar bisa menjual produk peluang bisnis wirausaha rumahan lebih luas lagi,” ujar Fithri.

Masalah produksi peluang bisnis wirausaha rumahan dirasakan menjadi tantangan terberat yang dihadapinya. Selama ini ia mengerjakan peluang bisnis wirausaha  rumahan nya secara tradisional. Untuk pembuatan satu stoples selai membutuhkan waktu sekitar 10 menit, di luar waktu untuk menyangrai kacang. Agar bisa mendongkrak produksi, sejak awal Desember lalu peluang bisnis wirausaha rumahan nya berinvestasi membeli mesin produksi seharga Rp10 juta yang sanggup membuat 100 stoples selai dari 20 kg kacang dalam waktu satu jam.

Ia berencana akan memperbanyak varian selai buah, antara lain nanas dan mangga, yang akan diekspornya ke Jepang. “Di beberapa negara, harga mangga itu ternyata cukup mahal karena susah didapat,” cetusnya. Kebijakan ekspor produk olahan buah yang tak senjelimet ekspor buah segar membuatnya optimistis bisa meraup untung peluang bisnis wirausaha  rumahan lebih banyak lagi dengan merambah penjualan ke luar negeri.