Kesehatan

11 Tanaman Obat untuk HERBAL Diabetes & Asam Urat

berikut daftar 11 Tanaman Obat yang bermanfaat untuk pengobatan HERBAL Diabetes & Asam Urat, ada di sekitar kita , sehingga mudah untuk didapat, mari kita simak

1. Tanaman Obat untuk Herbal Diabetes & Asam Urat – Jahe

sebagai Tanaman Obat untuk Herbal Asam Urat, siapkan jahe sebanyak 2 ibu jari. Jahe tersebut kemudian dipotong-potong dan juga sedikit diremukkan.

Rebus jahe yang sudah diremukkan tersebut dengan menggunakan air 1 gelas  Jika sudah matang, maka air tersebut dapat diminum dan ramuan herbal ini dapat diminum setiap hari secara teratur agar hasil yang diberikan maksimal.

Mortar with fresh rosemary and dried spices2. Tanaman Obat untuk Herbal Diabetes & Asam Urat – Cengkeh

sebagai Tanaman Obat untuk Herbal Asam Urat, Caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk cengkeh yang juga dicampur dengan jahe, takarannya 1 sama. Ramuan herbal ini hanya digunakan untuk bagian luarnya saja, di bagian yang terasa sakit. Oleskanlah ramuan herbal  ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

3. Tanaman Obat untuk Herbal Diabetes & Asam Urat – Akar pepaya gantung

Tanaman Obat untuk Herbal ini terutama untuk asam urat dan rematik, caranya yaitu dengan menyediakan 5 potong akar pepaya. Kemudian cuci hingga bersih, untuk ukurannya yaitu sekitar jari. Setelah itu, potong kecil-kecil dan tambahkan 3 sendok makan lengkuas yang sudah dihaluskan.

Rebus bahan-bahan herbal  tersebut dengan menggunakan 4 gelas air, rebus hingga yang tersisa yaitu sekitar 3 gelas herbal . Tambahkan pula gula aren, sedikit saja. Ramuan herbal ini dapat diminum sehari 3 kali dan dalam sekali minum yaitu sekitar setengah gelas.

4. Tanaman Obat untuk Herbal Diabetes & Asam Urat – Kulit manggis

tanaman ini juga berfungsi sebagai obat herbal asam urat, Kulit manggis, diiris tipis dan dijemur hingga kering. Setelah itu, masukkan herbal kedalam gelas dan seduh herbal dengan menggunakan air panas. Tunggu sampai air berubah warna, kemudian minum air tersebut setiap hari.

5. Tanaman Obat untuk Herbal Diabetes & Asam Urat – Brotowali (Tinaspora Crispa)

kalau tanaman obat yang ini berfungsi sebagai herbal diabetes, herbal brotowali mengandung senyawa aktif tinokrisposid berkhasiat mempercepat keluarnya glukosa melalui peningkatan metabolisme atau disimpan secara langsung sebagai lemak. Penelitian dari RS King Chulalangkorn di Thailand terhadap 36 pasien yang diberi ekstrak herbal brotowali menunjukkan penurunan gula darah yang signifikan. Bagian yang paling sering digunakan dari herbal brotowali adalah batang dan akarnya yang secara tradisional direbus untuk diminum. Uji klinis menunjukkan herbal brotowali tidak beracun sehingga aman dikonsumsi.

6.Tanaman Obat untuk Herbal Diabetes & Asam Urat – Pare/Paria (Momordica charantia)

tanaman ini juga berfungsi sebagai herbal diabetes , cara  tradisional mengkonsumsi pare sebagai jamu adalah dengan memerasnya sebagai jus. Seperti herbal brotowali, rasanya pahit sekali. Berhati-hati jangan terlalu banyak mengkonsumsi herbal pare, karena dapat menyebabkan sakit perut dan diare. Minum herbal dalam porsi sedikit, misalnya setengah gelas, namun teratur lebih baik bagi kesehatan. Selain itu, penderita diabetes yang mengkonsumsi obat hipoglikemik (seperti klorpropamid, glyburide, atau phenformin) atau insulin juga harus berhati-hati mengkonsumsi pare, karena dapat memperkuat efektivitas obat sehingga menyebabkan hipoglikemia berat.

7. Tanaman Obat untuk Herbal Diabetes & Asam Urat – Gymnema Sylvestre

Gymnema adalah tanaman herbal merambat seperti sirih yang tumbuh di hutan tropis. Daunnya bulat telur (elips) dan bunganya berwarna kuning kecil berbentuk seperti lonceng. Bahan aktif tanaman ini, asam gymnemic, diekstrak dari daun dan akar, dan membantu menurunkan dan menyeimbangkan tingkat gula darah. Bentuk unik molekul asam gymnemic mirip dengan glukosa sehingga memungkinkannya mengisi reseptor sel pada lapisan usus untuk mencegah penyerapan molekul gula.

Ekstrak tanaman herbal ini dapat menjadi pengganti yang sangat baik untuk obat penurun gula darah karena membantu pankreas memproduksi insulin pada diabetes tipe 2 (di mana tubuh penderita memproduksi terlalu sedikit insulin atau tidak mampu menggunakan insulin secara efisien). herbal Gymnema juga meningkatkan kemampuan mengendalikan kadar gula darah pada diabetes tipe 1 dengan cara memperbaiki sel beta pankreas dan merangsang pembentukan insulin.

8. Tanaman Obat untuk Herbal Diabetes & Asam Urat – daun sambiloto
sebagai tanaman obat untuk herbal diabetes, karena mengandung flavanoid

9. Tanaman Obat untuk Herbal Diabetes & Asam Urat – Kumis Kucing
sebagai tanaman obat untuk herbal diabetes, karena mengandung saponin yang bisa merangsan sel beta pankreas

10.Tanaman Obat untuk Herbal Diabetes & Asam Urat –  tapak dara
sebagai tanaman obat untuk herbal diabetes, mengandung alkaloid yang dapat menurunkan gula darah

11. Tanaman Obat untuk Herbal Diabetes & Asam Urat –  Daun Pegagan
selain sebagai tanaman obat untuk herbal diabetes, juga berfungsi menurunkan infeksi

demikian Tanaman Obat untuk Herbal Diabetes & Asam Urat semoga bermanfaat

sumber: Majalahkesehatan, terapidiabetesmelitus, disehat

kesehatan