Kesehatan

22 MANFAAT Khasiat KUNYIT Kunir, Bagus untuk Kesehatan

Berikut adalah 20 Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir yang sudah diteliti dan diterapkan dalam kesehatan, kunyit kunir merupakan salah satu jamu tradisional yang sering dikonsumsi masyarakat, ada banyak juga macamnya, kunir putih, kunyit asem, daun kunyit, dsb. mari kita simak

1. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir –  Anti Inflamasi (peradangan)

Kandungan minyak volatile dalam kunyit telah menunjukkan aktivitas manfaat anti-inflamasi yang signifikan dalam berbagai model eksperimental dan penelitian. Bahkan lebih kuat dari manfaat minyak atsiri, hal ini dikarenakan pigmen kuning atau oranye dari kunyit yang disebut curcumin. Curcumin dianggap agen farmakologis utama dalam manfaat  kunyit.

2. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Rheumatoid Arthritis (peradangan sendi kronis)

Studi klinis telah membuktikan bahwa manfaat  kurkumin dalam kunyit juga diberikannya efek antioksidan yang sangat kuat. Sebagai antioksidan, manfaat  kunyit mampu menetralisir radikal bebas, bahan kimia yang dapat dalam tubuh dan menyebabkan berbagai kerusakan pada sel-sel sehat dan membran sel. Hal manfaat ini penting dalam banyak penyakit, salah satunya adalah radang sendi, di mana radikal bebas merupakan penyebab peradangan sendi yang menyakitkan dan kerusakan pada sendi.

3. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir –  Pencegahan Kanker

manfaat  Kandungan antioksidan kurkumin ini memungkinkan untuk melindungi sel-sel usus besar dari radikal bebas yang dapat merusak DNA. Proses ini sangat manfaat khususnya bagi usus besar yang mana pergantian sel cukup pesat, yang terjadi kira-kira setiap tiga hari. Karena replikasi sel ini sering terjadi, mutasi DNA pada sel usus dapat menyebabkan pembentukan sel-sel kanker jauh lebih cepat. manfaat  Curcumin juga membantu tubuh untuk menghancurkan sel-sel kanker, sehingga mereka tidak dapat menyebar ke seluruh tubuh yang dapat membuat kerusakan yang lebih parah.Cara utama kurkumin melakukannya adalah dengan meningkatkan fungsi hati.

4. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Meningkatkan Antioksidan

manfaat  Kandungan kunyit merupakan salah satu antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimianya yagn dimilikinya. Selain itu manfaat kunyit juga meningkatkan aktivitas enzim antioksidan di dalam tubuh sendiri. Dengan cara ini, manfaat  kunyit memberikan perlawanan / membunuh radikal bebas.

5. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Meningkatkan Fungsi Hati

Penelitian yang dilakukan dengan objek studi tikus yang dilakukan untuk mengevaluasi efek kunyit pada kemampuan hati untuk mendetoksifikasi xenobiotik (beracun) bahan kimia, kadar dua enzim detoksifikasi hati sangat penting (UDP glucuronyl transferase dan glutathione-S-transferase) secara signifikan meningkat pada tikus yang diberi makan kunyit dibandingkan dengan yang tidak. Para peneliti berkomentar, “Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat  kunyit dapat meningkatkan sistem detoksifikasi selain sifat anti-oksidan”

6. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Mengurangi Resiko Leukimia

Penelitian yang dipresentasikan pada konferensi mengenai leukimia yang diselenggarakan di London, memberikan bukti bahwa mengonsumsi makanan dibumbui dengan kunyit bisa manfaat  mengurangi risiko terkena leukimia.

Adalah Prof. Moolky Nagabhushan dari Loyola University Medical Centre, Chicago, IL yang hampir 20 tahun melakukan studi ini.

7. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Perlindungan kardiovaskular (Penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah)

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Physiology and Farmakologi, ketika 10 relawan yang sehat mengkosumsi 500 mg kunyit per hari selama 7 hari, tidak hanya manfaat  melakukan menurunkan tingkat oksidasi darah sehingga menurunkan kolesterol sebesar 33%, tetapi total kolesterol mereka turun 11.63%, dan HDL mereka (kolesterol baik) meningkat sebesar 29%! (Soni KB, Kuttan R).

8. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Mencegah Alzaimer

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa manfaat  kurkumin, konstituen biologis aktif dalam kunyit, dapat mencegah penyakit Alzheimer dengan mengaktifkan gen yang mengkode produksi protein antioksidan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Biokimia Italia (Desember 2003) membahas manfaat kurkumin dalam induksi dari jalur oxygenase heme, sistem pelindung, bila dipicu dalam jaringan otak, menyebabkan produksi bilirubin antioksidan menjadi lebih kuat, yang melindungi otak melawan oksidatif (radikal bebas) dan cidera.

9. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Mencegah Depresi

Depresi juga berkaitan dengan menurunnya fungsi neurotropik yang diturunkan dari otak dan menyusutnya hippocampus, area otak yang berperan dalam belajar dan memori. karena kandungan manfaat  kunyit memiliki fungsi untuk membantu proses neurotropik ini membuatnya dapat memberikan efek anti depresi

10. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Menurunkan Tekanan Darah
Siapkan 50 gram daun pegagan, 300 cc madu asli, 3 ibu jari kunyit segar, dan 500 cc airCincang daun pegagan dan kunyit kecil-kecil, kemudian rebus dalam 500 cc air hingga tersisa 150 ccTunggu sedikit dingin, jika sudah barulah diminumLakukan rutin manfaat  pengobatan ini sehari minum 3 kali masing-masing 1 sendok makan.

11. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Menurunkan Panas Demam
Parut 20 gram kunyit segar yang telah dibersihkanMasukkan ke dalam 100 ml air matang panas, aduk perlahan sampai kunyit larutTadahkan larutan kunyit pada lap bersih, kemudian buat seperti bungkusanPeras agar airnya keluar, jangan lupa tampung diatas gelas atau wadah kecilMinum air perasan kunyit ini sampai suhu panas akibat demam turun.

12. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Menghilangkan Bau Badan Dari Dalam
Siapkan 2 ruas ibu jari kunyit segar, parut sampai halusLarutkan dalam 2/3 gelas air matang hangat yang telah dicampurkan gula arenAduk beberapa menit, saring airnya dan minumDosis: 1 kali sehari diminum sebelum tidur.

13. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Gatal Karena Cacar Air
Petik segenggam daun asam dan sepotong rimpang kunyit, cuci bersih kedua bahanKedua bahan yang telah bersih diblender sampai halusAplikasikan dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit yang gatal setelah cacarDosis pengobatan: 3 kali sehari

14. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Malaria
Siapkan bahan berupa 3 gram kunyit, 15 gram kulit pule, 5 gram kayu cendana, 5 gram kulit pohon keningar, 6 gram daun jering antan, 20 gram temulawak, minyak kayu putih 6 tetes (taruh di piring kecil), dan 500 air matangHaluskan semua bahan kecuali minyak kayu putih, rebus dalam 500 cc airMinum ramuan yang sudah dingin sehari 3 kali.

15. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Diare
Siapkan 3 biji ketumbar, 1 buah kayu ules, 1 lembar daun tawas, 1/2 jari rimpang kunyit, dan 1/2 rasuk anginaKombinasikan semua bahan, kemudian rebus ke dalam segelas air (150 ml) sampai mendidihSaring air rebusan, kemudian minum obat yang telah jadi sehari 2 kali (pagi dan sore) masing-masing 75 ml.

16. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Stamina
Peras kunyit sampai airnya sebanyak 1 sendok makan, siapkan juga sebutir telur ayam kampung, 1 sdm madu, 1 sdm air perasan jeruk nipis, dan lada bubuk secukupnyaMasukkan semua bahan dalam gelas kemudian aduk hingga tercampur, biarkan beberapa saatMinum obat vitalitas ini sehari 3 kali.

17. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Borok
Parut 1 ruas ibu jari kunyit, tuangkan 1 sendok teh air kapur sirih dan air perasan 1 buah jeruk nipisAduk sampai semua bahan tercampur merataJadikan obat luar dengan cara membalurkan pada kulit yang terdapat borok.

18. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Keputihan
Siapkan 15 gram umbi kunyit yang sudah tua, kupas kulit dan bersihkanParut sampai halus, tambahkan dengan 1 gelas air asam dan gula jawaAduk terus sampai rata, tuang sembari gunakan alat penyaring (kain)Minum obat keputihan ini sehari 2 kali.

19. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Radang Gusi
Tanaman gambir 3 potong dan 1/2 ibu jari kunyitPotong kedua bahan dan tumbuk sampai halusRebus ke dalam 2 gelas air pada panci sampai mendidih dan tersisa 1 gelasTunggu agak dingin, minum rutin 3 – 4 kali dalam sehari.

20. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Telat Datang Bulan
Bahan berupa 15 gram daun sigading dan kunyit, 10 gram kapulaga dan biji pala, 5 gram jintan hitam, ketumbar dan cengkehRebus semua bahan penyusun pada panci berisi 3 gelas air, tunggu mendidih dan air tersisa 1 gelasSaring airnya dan minum obat 3 kali sehari masing-masing 1/3 gelas

21. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Meredakan sakit perut
Rasa mulas atau sakit perut dapat hilang dengan mengosumsi kunyit? Berdasarkan sebuah penelitian tahun 1989, suplemen yang berasal dari kunyit ternyata lebih efektif untuk mengatasi perut mulas dan gejala gangguan pencernaan dibandingkan pemberian plasebo.

22. Manfaat Khasiat KUNYIT Kunir – Mencegah diabetes
Berdasarkan hasil studi 2012, meminum kapsul kurkumin juga dinyatakan dapat menunda seseorang pradiabetes menjadi diabetes tipe 2. Lebih dari sembilan bulan, peserta penelitian diberikan suplemen kurkumin atau kapsul plasebo. Hasilnya, hanya lebih dari 16 persen dari orang yang mengosumsi pil plasebo didiagnosis dengan diabetes tipe 2

demikian manfaat khasiat kunyit kunir, semoga bermanfaat