Kesehatan

18 MANFAAT Buah PISANG bagi Kesehatan & Kecantikan

MANFAAT Buah PISANG bagi Kesehatan & Kecantikanberikut adalah daftar manfaat buah pisang yang sudah diteliti oleh para ahli dibidang masing masing, mari kita simak

1. MANFAAT Buah PISANG – Menyehatkan saluran cerna

Pisang mengandung serat, karbohidrat yang membantu mengatur sistem pencernaan tubuh dengan membantu mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Pisang juga mengandung pektin, yang membantu untuk meningkatkan pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit. Tidak hanya itu, pisang juga memiliki efek antasid, yang membantu mencegah kekambuhan penyakit maag. Rutin makan pisang juga membantu mengurangi risiko kanker lambung. Jika Anda memiliki masalah pada lambung, cobalah tambahkan pisang ke dalam menu diet Anda, untuk membantu mengatasi masalah pencernaan.

2. MANFAAT Buah PISANG –  Sumber kalium terbaik

Makan pisang adalah cara termudah untuk tubuh kita memeroleh kecukupan potasium. Kandungan potasium pada pisang memberikan efek menenangkan pada pikiran yang sedang suntuk. Tingkat stres yang tinggi cenderung akan menguras kadar potasium dalam tubuh manusia. Dengan makan pisang, kita dapat membantu menjaga keseimbangan potasium dalam tubuh yang disebabkan stres.

3. MANFAAT Buah PISANG –  Meningkatkan fungsi ginjal

Potasium pada pisang memiliki efek samping yang baik bagi ginjal. Ketika tubuh Anda mendapatkan cukup potasium, tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin. Kondisi ini akan membuat ginjal Anda tetap berfungsi baik, di samping juga mengurangi risiko batu ginjal. Perlu diketahui bahwa pisang memiliki tingkat senyawa fenolik antioksidan yang tinggi, yang berperan membantu melindungi ginjal.

4. MANFAAT Buah PISANG –  Memperkuat tulang

Pisang memiliki kandungan prebiotik yang disebut fructooligosaccharide. Fructooligosaccharide memungkinkan tubuh kita untuk menyerap nutrisi lebih mudah. Hal itu berarti bahwa pisang akan membantu tubuh Anda menyerap kalsium, sehingga memberikan Anda dengan tulang yang kuat. Bahkan, kandungan potasium pada pisang dapat membantu mencegah hilangnya kalsium, yang berarti bahwa Anda memiliki risiko lebih rendah untuk terserang osteoporosis di kemudian hari.

5. MANFAAT Buah PISANG –  Turunkan tekanan darah

Dokter sering menganjurkan pasien dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) untuk menambahkan lebih banyak pisang kedalam diet mereka. Mengapa? Karena kadar kalium yang tinggi dan sodium yang rendah dalam pisang merupakan kombinasi yang bagus untuk mencegah tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke.

6. MANFAAT Buah PISANG –  Meningkatkan energi

Pisang kaya kandungan karbohidrat sehat yang berperan membantu meningkatkan energi. Makan pisang saat sarapan atau setelah latihan yang berat dapat menjadi cara terbaik untuk meningkatkan energi tanpa harus mengonsumsi minuman manis.

7. MANFAAT Buah PISANG – Menyehatkan pengelihatan

Makan pisang setiap hari dapat memberikan manfaat besar bagi penglihatan. Makan sedikitnya tiga porsi buah per hari dapat menurunkan resiko gangguan pengelihatan yang terkait dengan usia atau biasa disebut degenerasi makula. Seseorang yang mengonsumsi tiga atau lebih porsi buah per hari 36 persen lebih rendah untuk menderita degenerasi makula daripada mereka yang mengkonsumsi kurang dari 1,5 porsi sehari. Tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai mengonsumsi pisang untuk mencegah kehilangan penglihatan lebih lanjut.

8. MANFAAT Buah PISANG –  Memengaruhi mood

Pisang memiliki triptofan, senyawa asam amino yang membantu tubuh memproduksi serotonin. Neurotransmiter ini membantu Anda untuk merasa tenang dan menstabilkan suasana hati (mood) secara alami.

9. MANFAAT Buah PISANG – Kalori
Dengan mengasup sebuah pisang, Anda bisa memuaskan keinginan makan sesuatu yang manis tanpa merusak diet. Satu buah pisang rata-rata mengandung 110 kalori.

10. MANFAAT Buah PISANG – Lemak dan kolesterol
Pisang merupakan buah yang bebas lemak dan kolesterol.

11. MANFAAT Buah PISANG – Potasium
Buah ini sangat terkenal akan kandungan potasiumnya. Dengan kadar potasium mencapai 400 mg dalam pisang berukuran sedang, buah ini wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Potasium juga diketahui sangat baik untuk fungsi otot dan saraf, serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Potasium dalam pisang juga cocok dikonsumsi untuk mencegah kram otot setelah olahraga.

12. MANFAAT Buah PISANG – Vitamin C
Sebagaimana buah lainnya, pisang juga kaya akan vitamin C. Satu buah pisang mengandung sekitar 10mg vitamin C atau sekitar 15 persen dari rekomendasi vitamin C harian.

13 MANFAAT Buah PISANG – Vitamin B6
Vitamin B biasanya ditemukan pada produk hewani, tetapi pisang ternyata juga merupakan sumber vitamin B6 yang disebut pyridoxine. Satu buah pisang menyediakan 35 persen dari rekomendasi vitamin B6 harian. Tubuh menggunakan vitamin ini untuk menumbuhkan sel-sel baru.

14. MANFAAT Buah PISANG – Mangan
Mangan adalah mineral yang dibutuhkan untuk tulang yang sehat dan metabolisme. Satu buah pisang mengandung 3 mg mangan.

15. MANFAAT Buah PISANG – Serat
Satu buah pisang mengandung sekitar 3 gram serat. Selain menyehatkan saluran cerna, serat juga kita butuhkan untuk menjaga perut terasa kenyang lebih lama.

16. MANFAAT Buah PISANG – Nutrisi lain
Ada beberapa jenis mineral dan vitamin yang terkandung dalam pisang, meski jumlahnya kecil, yakni magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A dan E, folat, karoten, serta asam amino.

17. MANFAAT Buah PISANG – Karbohidrat
Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Makanlah pisang setelah berolahraga untuk mengembalikan energi. Sebuah pisang setelah sarapan juga direkomendasikan untuk menjaga pasokan energi tetap bertahan sampai waktu makan siang tanpa camilan.

18. MANFAAT Buah PISANG – Mudah dicerna
Pisang sangat mudah dicerna. Saat Anda sedang menderita penyakit virus atau gangguan pencernaan, pisang sangat cocok sebagai sumber nutrisi tanpa membuat pencernaan bekerja terlalu keras. Pisang yang dilumatkan juga sering dipakai sebagai makanan padat yang diperkenalkan pada bayi.

demikian 18 manfaat buah pisang, semoga bermanfaat….